RSS

Rabu, 01 Agustus 2012

Nastar Keju yang "Ngeju"


Beberapa waktu yang lalu aq semangat banget pergi ke Carrefour. Semangat belanja bu??
Bukan2.. aq semangat pengen nyobain nastar kejumoo nya Kraft. hehe.. (korban iklan) ;p
Nah sesampai di sana, aq dan hubby gak nemuin stand kejumoo, udah muter2 gak nemu juga. Akhirnya pulang sambil bawa belanjaan (teteuup..) + beli Rotiboy 2 pcs.
Sebelum pulang mampir ke TBK Jojo buat beli parmesan. Maksud hati pengen beli yang eceran aja (paling 1/4 kg lah), eh adanya yang 1 kg @_@
Yaw dah deh dibeli aja, bisa buat kastengel dan sagu keju ^^
Browsing2 dapat resep nastar kejunya mbak Ricke. Mantap nih, bisa sekalian ngabisin stock keju parmesan.

Nastar Keju
Sumber "Mbak Ricke Indriani" dengan sedikit modifikasi menyesuaikan bahan yang ada ^^


Bahan:
125 gram margarin (aq 200 gr Blueband Cake & Cookie)
125 gram butter salted (aq 50 gr Wijsman)
50 gram gula halus
2 kuning telur
100 gram keju parmesan, parut/haluskan (bisa juga pakai keju edam/gouda, tergantung selera)
350 gram terigu protein sedang
2 sdm susu bubuk full cream (aq : 1 sdm susu bubuk + 1 sdm tepung custard)
Kuning telur dikocok lepas untuk polesan
Keju cheddar parut untuk taburan

Selai nanas:
4 buah nanas palembang (atau nanas jenis lain yang tidak terlalu banyak mengandung air)
200 gram gula pasir
2 lembar daun pandan, sobek-sobek
1/4 sdt garam
 
Cara membuat:
Selai: Nanas kupas dan bersih diparut/diblender. Tambahkan daun pandan dan garam, masak sambil diaduk-aduk sampai airnya habis dan mengering. Masukkan gula pasir, aduk terus hingga lengket dan mengental (airnya habis). Dinginkan atau simpan dahulu dalam kulkas agar selai jadi lebih kering dan mudah untuk dipulung. Siap dipakai.

Nastar:
1. Campur dan ayak terigu dan susu bubuk. Sisihkan.
2. Campur margarin, butter, gula halus dan telur. Kocok dengan mixer kecepatan rendah sebentar saja asal lunak dan tercampur rata. Jangan mengocok terlalu lama nanti hasil nastarnya akan meleber ketika dipanggang.
3. Masukkan keju parmesan parut, aduk rata dengan sendok kayu.
4. Masukkan campuran terigu. Aduk dengan sendok kayu sampai tercampur rata dan adonan bisa dipulung.
5. Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri selai nanas, bulatkan. Tata dalam loyang tanpa dioles margarin.
6. Panggang dalam oven suhu 140'C selama 30 menit. Keluarkan dari oven, poles kuning telur dan langsung tabur dengan keju cheddar parut (segera tabur keju sebelum kuning telurnya mengering). Panggang kembali hingga matang dan kuning telur telah mengering serta berwarna keemasan. Angkat. Dinginkan. simpan dalam toples kedap udara.

Before
After

Keju parmesan

Rasa nastar keju ini beneran ngeju. Apalagi waktu pertama toplesnya dibuka. Hmmm... wangi kuenya menggoda, aroma butter dan keju :)
Kalau gak inget lagi puasa, gak nahan buat nyobain. Hihi..

*Insya Allah, lain kali nyoba resep nastar kejumoo ah. Udah ada yang nyoba belum?
kalau udah, kirim2 ke sini dumz. hehe.. peace

0 komentar:

Poskan Komentar